A. Pengertian Perusahaan
Suatu unit kegiatan produksi yang mengolah sumber-sumber ekonomi untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat dengan tujuan memperoleh keuntungan untuk memuaskan kebutuhan masyarakat.
Faktor utama yang menjalankan bisnis :
- manusia sebagai pemilik,
- manajer,
- pekerja, dan
- konsumen
> Pemilik : orang yang menginvestasikan uang dalam kegiatan bisnis untuk memperoleh keuntungan dari modal yang ditanamnya.
> Manajer : orang yang bertanggungjawab terhadap kinerja, perusahaan, pencapaian keuntungan perusahaan, pertumbuhan perusahaan, serta pertanggungjawaban.
> Tenaga kerja : individu yang menawarkan keterampilan atau kemampuan untuk memproduksi barang atau jasa agar perusahaan dapat keuntungan dan individu tersebut mendapat gaji atau upah sesuai dengan ketrampilan yang dimilikinya.
> Konsumen : individu yang membeli produk atau jasa yang dihasilkan suatu perusahaan untuk pemakaian.
Sumber-sumber ekonomi :
- manusia : berperan sebagai tenaga kerja dan konsumen dari produk perusahaan.
- uang dan modal usaha : sejumlah uang atau barang yang dibeli dengan uang tersebut untuk membeli produk lain.
- material : bahan baku, bahan pembantu, tanah untuk proses produksi serta bahan lain untuk penunjang proses produksi.
- metode : suatu pelaksanaan kerja produktif seperti pengambilan keputusan, pemberian ide, dan pemikiran yang ditujukan agar pengelolaan sumber ekonomi berjalan lancar.
Wirausahawan : orang yang memiliki kepribadian unggul yang mencerminkan budi yang luhur dan pantas diteladani karena atas kemampuan sendiri.
Kewirausahaan : profesi yang timbul karena interaksi ilmu pengetahuan yang diperoleh dari pendidikan formal dengan seni yang digali dari rangkaian kerja dalam praktek.
Fungsi yang dilakukan oleh seorang wirausahawan :
- mengidentifikasi kesempatan
- mengumpulkan SDM dan sumber daya lainnya
- menarik investasi dari perorangan atau lembaga keuangan
- melaksanakan proses produksi atau perdagangan
- menanggung resiko
Ciri kepribadian dari seorang wirausahawan :
1. mempunyai emosi untuk membayangkan keberhasilan tujuan usahanya.
2. berani menanggung resiko
3. gigih dan bekerja keras
4. bersemangat dan gesit dalam berusaha
5. tidak terikat secara ketat dalam rencananya
6. percaya pada diri sendiri
7. berusaha meningkatkan pengetahuan
8. memiliki kecakapan untuk memimpin
9. sebagai inovator
10. pemburu keberhasilan
Small business bisa diperoleh dari tiga cara :
1. meneruskan usaha orangtua
2. membeli perusahaan yang telah ada
3. memulai usaha yang sama sekali baru
B. Perusahaan sebagai Lembaga Sosial
Unit kegiatan itu sering disebut sebagai Lembaga Sosial seperti kehidupan keluarga, RT, desa, kota, kecamatan, kabupaten, atau kelompok sosial yang mempunyai tujuan tertentu seperti Yayasan Sosial, koperasi, dll.
C. Perusahaan sebagai Suatu Sistem
Berarti merupakan kombinasi dari berbagai sumber ekonomi yang langsung ataupun tidak langsung mempengaruhi proses produksi atau distribusi barang dan jasa untuk mencapai tujuan tertentu antara lain mendapat keuntungan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat.
Perusahaan mempunyai beberapa sifat :
- Sifat kompleks
- Sebagai suatu kesatuan/unit
- Sifatnya berjenis-jenis
- Sifat saling bergantung
- Sifat dinamis
Lingkungan umum perusahaan :
- Politik : menyangkut tingkat pemusatan kekuatan politik, sifat organisasi politik, sistem partai, kesadaran dalam bermasyarakat.
- Hukum : sifat sistem hukum, sistem hukum yang berlaku khususnya yang berpengaruh terhadap perkembangan perusahaan, masalah peraturan perundangan.
- Sosial : struktur golongan yang ada dalam masyarakat termasuk didalamya sifat dan perkembangan dari lembaga-lembaga sosial.
- Perekonomian : terdiri dari berbagai aspek ekonomi dan unit-unit ekonomi.
- Kebudayaan : menyangkut latar belakang sejarah dari suatu masyarakat.
- Pendidikan : keseluruhan tingkat pendidikan dari yang paling rendah sampai dengan paling tinggi secara formal maupun nonformal.
- Teknologi
- Demografi : sumber kerja yang tersedia dalam masyarakat, angkatan kerja, tingkat kelahiran, tingkat kematian, penyebaran penduduk, umur, jenis kelamin, dll.
Lingkungan khusus perusahaan :
- Penyedia : bahan baku, alat reproduksi, tenaga kerja yang dibutuhkan perusahaan.
- Pelanggan : semua pembeli produk perusahaan.
- Pesaing
- Teknologi
- Sosio Politik
Pertanggungjawaban sosial perusahaan :
1. Bertanggungjawab terhadap pelanggan dan konsumen. Hak-hak konsumen yang perlu dilindungi adalah keselamatan, memperoleh informasi, memilih dan didengar.
2. Bertanggungjawab terhadap tenaga kerja.
3. Bertanggungjawab terhadap lingkungan.
4. Bertanggungjawab terhadap investor.
D. Etika Bisnis
Maksudnya adalah etika standar yang secara umum dapat diterima dan diakui prinsip-prinsipnya oleh masyarakat, perusahaan dan individu.
Faktor yang berpengaruh terhadap perilaku bisnis :
- Lingkungan bisnis,
- Organisasi,
- Individu.
E. Bisnis Internasional
Adalah kinerja aktivitas bisnis yang melintasi batas nasional.
Perdagangan Nasional adalah komponen vital bagi perekonomian suatu negara.
Teori perdagangan :
- Teori Merkantilisme
- Teori Keunggulan Absolut
- Teori Keunggulan Komparatif.
Keuntungan ekonomis dari perdagangan internasional :
- Bagi negara pengimpor : dapat memperoleh harga barang dari luar negeri yang lebih murah, jika kuantitas produk dalam negeri tidak cukup maka dengan impor semua jadi terpenuhi, kemungkinan peluang untuk ekspor barang menjadi lebih luas.
- Bagi negara pengekspor : biaya untuk memperluas pangsa keluar negeri seringkali lebih mudah, penjualan keluar negeri pada umumnya dalam volume besar sehingga dalam proses produksinya dapat lebih efisien.
Hambatan-hambatan perdagangan internasional :
- Perbedaan bahasa,
- Perbedaan dalam kebiasaan sosial,
- Perbedaan dalam hukum dan peraturan,
- Perbedaan dalam valuta asing.
Duniaku. Duniamu. Dunia Kita.
6 tahun yang lalu
0 komentar:
Posting Komentar