1. Karakteristik
Event :
a.
Context
Yang
dimaksud dalam Context adalah bagaimana event tersebut telah sesuai dengan isu
– isu yang berkembang dimasyarakat dan bagaimana “keinginan” masyarakat
tersebut untuk membahas isu tersebut. Selain itu, dalam CONTEXT juga
diperhatikan Segmen maupun target market yang dituju dari konteks permasalahan
/ kondisi sehingga tidak terjadi kesalahan dalam mentargetkan potensial
partisipan maupun audiens. Cari isu yang sedang berkembang / trend di
masyarakat sehingga orang akan merasa “harus” hadir agar tidak ketinggalan
informasi dari isu yang diangkat tersebut. Gunakan Judul dan Tema yang singkat
dan Padat.
b. Content
Content
adalah isi dari event tersebut Bagaimana kita mendesign event tersebut sesuai
dengan context yang telah kita / host tetapkan. Dalam aplikasinya adalah dalam
bentuk Run Down dan susunan acara.
c. Connection
Dari
context dan content yang telah ditetapkan kita juga harus melihat hubungan yang
dapat kita ajak terlibat untuk ikut dalam event kita tersebut.
Apa
dan siapa yang terkoneksi dengan event:
-
Instansi Pemerintah (Pusat / Daerah)
-
BUMN / BUMD
-
Korporasi swasta (Sponsor)
-
LSM – NGO
Ini
diperlukan untuk membantu event kita berjalan dengan baik dengan mendapat dukungan
dari mereka.
d. Capital
Permodalan
merupakan hal yang penting dalam membuat suatu event, karena
tanpa
modal kita akan sulit atau bahkan tidak dapat bergerak. Istilah dalam event
biasa disebut BRIDGING karena merupakan dana talangan sebelum kita mendapat
dana baik dari sponsor maupun penjualan tiket.
Bridging
biasa digunakan untuk seluruh kegiatan awal seperti antara lain:
-
Pembuatan Proposal
-
Biaya kepesertaan Tender / Bidding
-
Garansi / Jaminan, dan lain – lain.
Sumber
capital dapat diperoleh dari:
-
Dana Cadangan Event Perusahaan
-
Pinjaman dari Investor
-
Pinjaman Bank?
e. Commitment
Komitmen
merupakan bagian penting dari suatu penyelenggaraan event, karena tanpa
komitmen dari seluruh unsur yang terlibat maka dapat dipastikan event tersebut
akan gagal. Komitmen siapa saja yang dibutuhkan:
-
Steering Committee dan Organizing
Committee
-
Event Organizer / Manangement
-
Team yang bekerja baik yang Tetap maupun
temporer
-
Pihak – pihak yang mendukung acara
(pengisi acara, Vendor, Venue)
-
Pihak - pihak yang terkoneksi dengan event
(Lihat Connection)
-
Pihak Investor event (jika ada)
-
Dan lain – lain yang terkait secara
langsung maupun tidak langsung dengan penyelenggaraan event tersebut.
2. Resiko
yang mungkin muncul dalam event :
a. Keuangan
Terkadang
dalam satu event kita membutuhkan budget yang mahal jika kita ingin event kita
dilaksanakan dengan sangat meriah dan unik. Maka dari itu, kita sering
menemukan kendala dalam keuangan. Ntah itu kekurangan atau malah kelebihan.
b. Sumber Daya Manusia
Kurangnya
Sumber Daya Manusia (SDM) atau lebihnya SDM membuat satu acara tidak berlangsung
lancar karena tidak efektifnya dalam hal SDM. Jadi, dalam satu event kita harus
pintar-pintar dalam memilih jumlah panitia.
c. Sumber Daya Fisik
Kurangnya
SDF juga membuat satu acara tidak berlangsung dengan baik. Misalnya kekurangan
barang-barang yang seharusnya diperlukan, malah tidak ada dalam pelaksanaan
event tersebut.
d.
Waktu
Dalam
satu acara, waktu adalah hal terpenting dalam pelaksanaannya. Jika waktu
memulai acaranya saja terlambat, pasti acara tersebut tidak akan berlangsung
sempurna.
e.
Marketing
Pemasaran
acara juga menentukan acara tersebut banyak tidaknya penonton yang datang. Jika
dari marketing tidak dapat melakukan pemasaran dengan baik. Acara tersebut
tidak akan banyak dikunjungi.
3.
Perbedaan
Mega Events, Hallmark Events, Major Event, dan Minor Event
a.
Mega
Event : Event
yang terselenggara dalam kurun waktu 4 atau 5 tahun sekali. Untuk memuaskan
keinginan pengunjung. Biasanya Mega Events seperti Olimpiade, Piala Dunia, dan
Sea Games.
b.
Hallmark
Event : Event
yang terselenggara setahun sekali, seperti Festival Jember.
c.
Major
Event : Event
yang dibuat untuk memperkenalkan suatu organisasi yang menarik oranglain untuk
melihatnya. Seperti Musik Taman BEM FE Universitas Indonesia.
d.
Minor
Event : Event
yang diselenggarakan dalam waktu singkat. Seperti acara ulangtahun dan reuni
sekolah.
Mardhiah Fitriyani
2013120067
0 komentar:
Posting Komentar