Manajemen Event

Minggu, 09 Agustus 2015
1.      Karakteristik Event :
a.      Context
Yang dimaksud dalam Context adalah bagaimana event tersebut telah sesuai dengan isu – isu yang berkembang dimasyarakat dan bagaimana “keinginan” masyarakat tersebut untuk membahas isu tersebut. Selain itu, dalam CONTEXT juga diperhatikan Segmen maupun target market yang dituju dari konteks permasalahan / kondisi sehingga tidak terjadi kesalahan dalam mentargetkan potensial partisipan maupun audiens. Cari isu yang sedang berkembang / trend di masyarakat sehingga orang akan merasa “harus” hadir agar tidak ketinggalan informasi dari isu yang diangkat tersebut. Gunakan Judul dan Tema yang singkat dan Padat.
b.      Content
Content adalah isi dari event tersebut Bagaimana kita mendesign event tersebut sesuai dengan context yang telah kita / host tetapkan. Dalam aplikasinya adalah dalam bentuk Run Down dan susunan acara.
c.       Connection
Dari context dan content yang telah ditetapkan kita juga harus melihat hubungan yang dapat kita ajak terlibat untuk ikut dalam event kita tersebut.
Apa dan siapa yang terkoneksi dengan event:
-          Instansi Pemerintah (Pusat / Daerah)
-          BUMN / BUMD
-          Korporasi swasta (Sponsor)
-          LSM – NGO
Ini diperlukan untuk membantu event kita berjalan dengan baik dengan mendapat dukungan dari mereka.
d.      Capital
Permodalan merupakan hal yang penting dalam membuat suatu event, karena
tanpa modal kita akan sulit atau bahkan tidak dapat bergerak. Istilah dalam event biasa disebut BRIDGING karena merupakan dana talangan sebelum kita mendapat dana baik dari sponsor maupun penjualan tiket.
Bridging biasa digunakan untuk seluruh kegiatan awal seperti antara lain:
-          Pembuatan Proposal
-          Biaya kepesertaan Tender / Bidding
-          Garansi / Jaminan, dan lain – lain.

Sumber capital dapat diperoleh dari:
-          Dana Cadangan Event Perusahaan
-          Pinjaman dari Investor
-          Pinjaman Bank?
e.       Commitment
Komitmen merupakan bagian penting dari suatu penyelenggaraan event, karena tanpa komitmen dari seluruh unsur yang terlibat maka dapat dipastikan event tersebut akan gagal. Komitmen siapa saja yang dibutuhkan:
-          Steering Committee dan Organizing Committee
-          Event Organizer / Manangement
-          Team yang bekerja baik yang Tetap maupun temporer
-          Pihak – pihak yang mendukung acara (pengisi acara, Vendor, Venue)
-          Pihak - pihak yang terkoneksi dengan event (Lihat Connection)
-          Pihak Investor event (jika ada)
-          Dan lain – lain yang terkait secara langsung maupun tidak langsung dengan penyelenggaraan event tersebut.

2.      Resiko yang mungkin muncul dalam event :
a.      Keuangan
Terkadang dalam satu event kita membutuhkan budget yang mahal jika kita ingin event kita dilaksanakan dengan sangat meriah dan unik. Maka dari itu, kita sering menemukan kendala dalam keuangan. Ntah itu kekurangan atau malah kelebihan.
b.      Sumber Daya Manusia
Kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) atau lebihnya SDM membuat satu acara tidak berlangsung lancar karena tidak efektifnya dalam hal SDM. Jadi, dalam satu event kita harus pintar-pintar dalam memilih jumlah panitia.
c.       Sumber Daya Fisik
Kurangnya SDF juga membuat satu acara tidak berlangsung dengan baik. Misalnya kekurangan barang-barang yang seharusnya diperlukan, malah tidak ada dalam pelaksanaan event tersebut.
d.      Waktu
Dalam satu acara, waktu adalah hal terpenting dalam pelaksanaannya. Jika waktu memulai acaranya saja terlambat, pasti acara tersebut tidak akan berlangsung sempurna.
e.       Marketing
Pemasaran acara juga menentukan acara tersebut banyak tidaknya penonton yang datang. Jika dari marketing tidak dapat melakukan pemasaran dengan baik. Acara tersebut tidak akan banyak dikunjungi.

3.      Perbedaan Mega Events, Hallmark Events, Major Event, dan Minor Event
a.      Mega Event          : Event yang terselenggara dalam kurun waktu 4 atau 5 tahun sekali. Untuk memuaskan keinginan pengunjung. Biasanya Mega Events seperti Olimpiade, Piala Dunia, dan Sea Games.
b.      Hallmark Event   : Event yang terselenggara setahun sekali, seperti Festival Jember.
c.       Major Event        : Event yang dibuat untuk memperkenalkan suatu organisasi yang menarik oranglain untuk melihatnya. Seperti Musik Taman BEM FE Universitas Indonesia.
d.      Minor Event        : Event yang diselenggarakan dalam waktu singkat. Seperti acara ulangtahun dan reuni sekolah.

Mardhiah Fitriyani
2013120067

0 komentar:

Posting Komentar

TERIMAKASIH SUDAH MENGUNJUNGI BLOG INI :)

TERIMAKASIH SUDAH MENGUNJUNGI BLOG INI :)