Perilaku Organisasi (Budaya Organisasi)

Minggu, 09 Agustus 2015
Budaya organisasi
PERILAKU ORGANISASI
          
Dita Zulyanti Damanik (2013120005)
Putri Laila Syakinah (2013120042)
Mardhiah Fitriyani (2013120067)
 



KATA PENGANTAR

            Puji Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, berkat kesehatan jasmani dan rohani yang diberikan oleh-Nya, kami dapat melaksanakan observasi ke acara Pekan Raya Jakarta 2015 (PRJ) dalam rangka pemenuhan syarat untuk mendapatkan nilai tugas akhir semester di mata kuliah Perilaku Organisasi.

            Kami turut berterimakasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung, Bu Ismayanti selaku Dosen Pembimbing Mata Kuliah Perilaku Organisasi, Keluarga, juga teman-teman. Kami mohon maaf apabila ada kata-kata atau bahasa yang kami gunakan kurang baik dan dalam penyusunan makalah ini kami sadar bahwa makalah ini jauh dari kata sempurna dan untuk kedepannya kami akan terus belajar. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kami dan juga masyarakat umum lainnya, terimakasih.













Tim Penulis
Jakarta, 30 Juni 2015






















BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

            Perilaku Organisasi adalah suatu bidang studi yang mengamati tentang pengaruh perilaku individu, kelompok dan perilaku dalam struktur organisasi dengan maksud untuk mendapatkan pengetahuan guna memperbaiki keefektifan organisasi. Ruang lingkup kajian ilmu perilaku organisasi hanya terbatas pada dimensi internal dari suatu organisasi. Hal ini bersangkutan dengan tugas kami yang akan membahas tentang internal perusahaan, yaitu:

1.      Visi Misi Tujuan dan Sasaran Perusahaan
2.      Budaya organisasi (cerita, simbol, ritual, bahasa)
3.      Upaya mempertahankan budaya organisasi
            Sebuah perusahaan atau organisasi harus mempunyai Visi Misi Tujuan dan sasaran perusahaan, mengapa perusahaan didirikan, apa tujuannya, dengan mengetahui latar belakang dari berdirinya sebuah organisasi atau perusahaan yg didirikan maka sebagai pihak internal yang tergabung dalam perusahaan tersebut akan ikut serta dalam membangun dan meningkatkan target perusahaan dengan organisasi yang efektif. Perusahaan yang akan dibahas dari observasi kelompok kami ke Pekan Raya Jakarta (PRJ) adalah perusahaan Alfalink






























BAB II
ISI

            Pekan Raya Jakarta atau Jakarta Fair adalah pameran tahunan terbesar di Indonesia. Walaupun dinamai "pekan", biasanya berlangsung selama satu bulan penuh dari pertengahan Juni sampai pertengahan Juli untuk memperingati hari jadi kota Jakarta.

            PRJ pertama diadakan pada tahun 1968. Sampai saat ini setiap tahun penyelenggaraannya tidak pernah terputus. Dari 1968 sampai 1991 PRJ pernah berlangsung di Monas.

1.      Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Perusahaan

            Alfalink merupakan nama merk dagang dari sebuah perusahaan yang bernama P.T. Freshindo Marketama Corporation. Alasan kami mengambil perusahaan ini untuk dijadikan bahan laporan tugas perilaku organisasi adalah karena perusahaan ini adalah karena cocok untuk dijadikan bahan pelajaran. Mengapa? P.T. Freshindo Marketama Corporation berdiri sejak tahun 1985, merupakan distributor pertama kamus elektronik di Indonesia yang hadir sudah 30 tahun. Bukan waktu yang sebentar untuk sebuah perusahaan tersebut bisa berdiri lamanya hingga sekarang, apalagi banyak pesaing yang hadir untuk menyaingi produk dan menciptakannya mirip bahkan persis dengan alfalink. Namun,perlu kita ketahui sebuah perusahaan yang bertahan lama pasti mempunya Visi Misi Tujuan dan Sasaran perusahaan yang ada dibalik budaya organisasi yang mereka ciptakan untuk menjadikan perusahaan tersebut bisa bersaing dengan para kompetitor.

            Visi dan Misi dari perusahaan Alfalink adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia di era globalisasi dan memiliki dampak positif pada pendidikan dengan memberikan kesempatan pengembangan professional

            Tujuan dari perusahaan Alfalink adalah memperluas dan agresif untuk membuka  kantor yang lebih banyak dan pusat distribusi di masa depan.

Sasaran Perusahaan Alfalink adalah anak – anak sekolah (SD, SMP, SMA, Kuliah) dan umum.

Strategi dalam menarik konsumen dalam acara PRJ yang dilakukan oleh Alfalink adalah
-          Mendatangkan artis untuk menjadi model sekaligus untuk mempromosikan produk dari alfalink
-          Mengadakan promosi : harga lebih murah
-          Banyak pilihan produk : kalkulator, media penerjemah bahasa inggris, alat untuk membaca alqur’an

2.      Budaya Organisasi

            Semakin berkembangnya dunia teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan setiap pelaku pasar untuk selalu berfikir kreatif dan inovatif dalam memajukan bisnisnya. P.T. Freshindo Marketama Corporation adalah distributor terbesar di Indonesia kamus elektronik, Alkitab elektronik, elektronik Al Quran, penyelenggara, kalkulator, dan produk lain-kantor lainnya. Perusahaan tersebut telah memulai bisnis sejak tahun 1985, membuat distributor pertama kamus elektronik di Indonesia. Reputasi  antara konsumen tak tertandingi dan berkomitmen untuk memprioritaskan pelanggan di urutan teratas. Kantor pusat kami terletak di metropolitan Jakarta dan kami memiliki empat kantor cabang di Bandung, Semarang, Surabaya, dan Medan. Kami memiliki lebih dari sepuluh pusat distribusi strategis terletak di seluruh Indonesia untuk kantor cabang kami. Jangkauan yang luas ini memungkinkan kita untuk lebih melayani pelanggan kami.

Spesifikasi Karyawan :
-          SPG : good looking, ramah, komunikatif, pendidikan min. SMA
-          Supervisor : pendidikan min. S1, mempunyai pengalaman bekerja sebelumnya.

3.      Upaya mempertahankan Budaya Organisasi

1)        Seleksi
     Proses seleksi adalah untuk menemukan dan mempekerjakan individu yang mempunyai pengetahuan, kepandaian dan kemampuan untuk berprestasi dalam pekerjaan-pekerjaan di organisasi dengan berhasil.. Proses seleksi tersebut mempertahankan budaya organisasi dengan menyaring individu yang mungkin akan menyerang atau mengacaukan nilai-nilai intinya.

2)        Manajemen puncak
     Adanya sosok leadership sebagai panutan dalam bertindak merupakan cara untuk mempertahankan budaya organisasi yang telah ada.

3)        Sosialisasi 
     Bagaimanapun sebaiknya sebuah organisasi melakukan rekrutmen dan seleksi, sebuah organisasi akan selalu mensosialisasikan setiap pegawai selama kariernya dalam organisasi.























BAB III
Kesimpulan

            Untuk menjaga keutuhan dari perusahaan tersebut, perusahaan tetap menjaga kualitas dan kuantitas dari Sumber Daya Manusianya dengan cara menyeleksi karyawan-karyawannya dengan baik dan benar. Serta tetap menjaga leadership dari perusahaan tersebut untuk mengambil sebuah keputusan. Tidak lupa juga untuk tetap bersosialisasi ke sesama karyawan ataupun atasannya.










































Sumber

Kami melakukan wawancara dengan Bapak Wiliam (Coor. Supervisor)

0 komentar:

Posting Komentar

TERIMAKASIH SUDAH MENGUNJUNGI BLOG INI :)

TERIMAKASIH SUDAH MENGUNJUNGI BLOG INI :)